Mutiara Weda: CATUR WEDA – sumber Ajaran Hindu

Umat sedharma,

sumber ajaran agama Hindu adalah Catur Weda dan menjadi Weda Inti atau weda Sirah yang di kenal dengan nama Weda Sruti dan dari sana mengalir nilai-nilai kebenaran yang kemudian dikembangkan dalam kitab-kitab Smrti seperti Itihasa, Purana, Tantra, Darsana dan Tattwa-tattwa agama. Pustaka suci Weda merupakan sabda Brahman yang bersifat Ananta Veda yaitu ajaran yang bersifat kekal abadi, relevan dengan perkembangan jaman dan menjadi tuntunan bagi setiap umat manusia serta menjadi jaminan terhadap keselamatan makhluk hidup dialam semesta ini baik pada masa sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Ada beberapa karakteristik dari ajaran pustaka suci Weda :

Universal : dikarenakan weda berlaku untuk seisi alam semesta, siapapun dan tidak akan memandang terhadap apapun.

Sanatana Dharma : kitab suci Weda bersifat kekal abadi

Anandi anantha : Weda tidak berawal dan tidak berakhir mengingat ajarannya berlaku sepanjang jaman.

Apauruseyam : kitab suci Weda bukan.buatan manusia, melainkan wahyu langsung dari Hyang Widhi yang diterima oleh Sapta Rsi penerima wahyu.

Sebagai Kitab Agama : Kitab suci Weda menunjukkan bahwa kebenaran Weda adalah mutlak dan harus diyakini kebenarannya.

Oleh karena itu, sebagai umat Hindu sudah menjadi kewajiban untuk memegang teguh Pustaka suci Weda sebagai pegangan, pedoman dan tuntunan hidup serta memahami isi kitab suci Weda secara utuh dan sempurna sehingga pikiran menjadi bersih dan suci menuju pada tingkatan spiritualitas. Niscaya Umat se dharma tidak akan mengalami keragu raguan dan yakin akan kebenaran Weda dalam mewujudkan tujuan hidup Catur Purusartha.
( Weda Samhita & Vayu Purana)

Made Worda Negara
BINROH Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha
Sasmitha-Yogyakarta .

Please follow and like us:
fb-share-icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *