Mutiara Weda: Masesanti Wahana Pengendalian Diri

Umat sedharma,

Jika kita renungkan dalam sesana Hindu, salah satu cara yang paling sederhana mengendalikan rasa Marah, emosi dan sejenisnya dalam menumbuhkan kesabaran, memperhalus Budhi dan Jiwa serta mengolah Prana adalah dengan jalan Masesanti atau Medharma Githa.

Dharmagita atau menyanyikan lagu lagu atau nyanyian suci keagamaan Baik dalam bentuk sekar Alit, Sekar Madya, Sekar Agung, membaca Sloka maupun Palakwakya dan lain lainnya yang dilagukan atau dinyanyikan pada saat upacara keagamaan Hindu untuk mengiringi upacara ritual atau yadnya.

Oleh Karena itu, sebagai umat Hindu sudah menjadi kewajiban untuk mempelajari dan melantunkan lagu lagu pujaan sebagaimana yang tertuang dalam kitab suci Catur Weda maupun Weda Smerti dalam Itihasanya sebagai wahana mencari kebahagiaan, memperhalus budhi & Prana dalam mewujudkan kedamaian rohani sebagai sarana menuju Pembebasan mengingat Dharma Githa pada dasanya adalah Sabda Brahman. Niscaya akan dapat terwujudnya umat Hindu yang Damai / Santih, Jagadhita dan Kamoksan. (Dharmagitha & Latihan Wirama)

Made Worda Negara
BINROH Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta

Please follow and like us:
fb-share-icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *