Menu Close

NITYA YUKTASYA YOGINAH BG VIII. 14

Selalu Teruji dan Benar adanya PetunjukMu Sang Hyang Tunggal. Di dunia ini: Hanyalah Orang-orang yang Tekun, Sukses hidupnya. Hanyalah Orang-orang yang Teratur, Baik dan Sehat Hidupnya. Demikian Pula dalam SabdaMu bahwa Engkau mudah Dicapai oleh orang yang Selalu ingat kepada Mu Tuhan, dan senantiasa Teratur (nitya) dan Tekun (yuktasya) menjalankan Puja Bhakti.

Panjul: Om Swastyastu Kek.. Selamat Pagi. Semoga Kakek sehat selalu dan panjang umur.

Ki Panji: Namaskar…. Semoga Doa-doamu terwujud Panjul. Demikian juga dengan Mu semoga Karirmu Sukses dan senantiasa Bahagia hidupmu. Panjul apa yang mau kamu tanyakan?

Panjul: Ya Kek..saya ingin diskusi Sloka 14 bab VIII Bhagavad Gita.

Ki Panji: baik Cucuku. Disitu ada tiga Key Word atau Kata Kuci.
1. Nitya: teratur
2. Yuktasah: tekun
3. Yoginah: pemuja yang selalu berbhakti

Panjul: bisa diodar Kek.

Ki Panji: Oh ya Tentu, Hal yang lumrah dan Jelas sekali Panjul.
1. Tentang Keteraturan Hidup sehari-hari. Orang yang bisa mengawal laku hidupnya teratur dalam hal makan, berolah raga, menjaga kebersihan, istirahat, bekerja, beraktivitas PASTI kesehatannya lebih Baik ketimbang yang amburadul. Keteraturan atau Nitya itu Penting sekali dipraktekkan. Demikian juga dalam memuja Tuhan, Keteraturan melakukan Puja Bhakti juga hal penting.

Panjul: Kalau demikian Puja Tri Sandya adalah praktik Nitya ya Kek. Melakukan Sembahyang 3 kali sehari adalah PERINTAH Nitya.

Ki Panji: Betul Panjul.. Itu adalah Perintah bhakti agar kita kontak Beliau. Pernah dihitung sekali melantunkan Mantram Tri Sandya butuh waktu 3 menit. Marilah Luangkan waktu 9 menit saja sehari untuk Teratur CHATING dengan TUHAN.

Panjul: Ya…ini Kek.. Chating dengan teman bisa Ber jam-jam betah. Chating dengan Tuhan hanya 3 menit terlupakan dan terabaikan. Ingat chating dengan Tuhan kalau ada Masalah ya Kek.

Ki Panji: Ya sadari itu. Mari lakukan Puja Bhakti Tri Sandya secara teratur.
Lalu yang Kedua adalah Yuktasyah atau Ketekunan. Panjul silahkan Cari di dunia ini. Orang-orang Sukses adalah Orang-orang yang Tekun menjalankan Profesinya. Ketekunan adalah Ajaran Weda yang penting. Jika kamu mau Sukses bangunlah ketekunan, Konsentrasi dan fokus dalam kerja dan bhakti. Kegagalan terjadi pasti sebagian utama disebabkan oleh ketidak tekunan.

Panjul: Inspiratif sekali Kek… Satu butir tetes air yang lunak dan cair jika terpusat dan teratur makan batu karang bisa terlubangi. Ini fakta bukan kiasan. Ketekunan Konsentrasi penting baik dalam Kerja maupun Meditasi ya kek.

Ki Panji: Dalam Praktik Meditasi Konsentrasi atau pemusatan diri adalah proses membangun Ketekunan. Dalam hidup sehari-hari Belajarlah Tekun. Sebagai mahasiswa atau siswa tekunlah belajar, sebagai pekerja juga tekunlah bekerja, Pasti hasilnya bagus. Yuktasyah merupakan ajaran kedua. Orang gagal adalah orang yang Kurang Tekun.
LALU:
Penyempurnaan Ajaran Nitya dan Yuktasyah adalah Yoginah yakni didasari dengan Bhakti sebagai Penyembah atau Yogi.

Panjul: Clear sekali Kek…
Agar Sukses Hidup ini dalam Jagathita dan Moksartham Maka Nitya-Yuktasyah-Yoginah atau Keteraturan-Ketekunan-Persembahan adalah Kunci Penting atau Main Key. Kalau disingkat KKP ya Kek.

Suksma, Atur Nuhun Kek
Mogi dapat digunakan.
Veda Selalu menuntun. Saya bangga berlindung dalam Veda semoga hidup ini menjadi Hindu.
Ilmu modern semua ada dalam Veda.

Namaskar

Shanti selalu

Panjul dan Ki Panji
Kalongan Jogja

Please follow and like us:
Posted in Ki Panji

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *