Menu Close

Panitia Abhiseka candi Prambanan 2021 kembali menggelar upacara Abhiseka Siwagrha

Candi Prambanan adalah sebuah bukti sejarah kejayaan peradaban Hindu sejak zaman Mataram kuno dan masih berdiri megah hingga saat ini. Berdasarkan prasasti siwagrha… nama asli kompleks Candi Prambanan adalah Siwagrha. Sebagaimana namanya…Siwa Grha… adalah tempat berstana dan dimuliakannya Dewa Siwa Mahadewa, penghancur ilusi dan kegelapan jiwa .

Candi Hindu, tempat pemujaan Tri Murti – Brahma, Wisnu, dan Siwa… Siwagrha Prambanan, pertama kali dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan dan secara berkelanjutan disempurnakan dan diperluas oleh Raja Lokapala dan Raja Balitung Maha Sambu Hasil dari pembacaan Casparis, bahwa Candi Prambanan diperingati atau diresmikan pada tanggal 12 November 856 M. Jika saat ini tahun 2021, maka usia peresmian Candi Prambanan adalah yang ke-1.165 tahun.

Begitu banyak perhatian tertuju pada Candi Prambanan yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO yang merupakan peninggalan kerajaan Mataram kuno sebagai tempat ibadah Umat Hindu. Presiden Republik Indonesia dan Menteri Agama mendukung dan mendorong agar Candi Prambanan dapat kembali menjadi pusat ibadah umat Hindu Dunia.

Panitia Abhiseka candi Prambanan 2021 kembali menggelar upacara Abhiseka Siwagrha yang ketiga kalinya pada tanggal 12 November 2021, setelah sukses melaksanakan upacara Abhiseka yang pertama pada tanggal 12 November 2019 yang dipuput oleh puluhan Pandita dan pinandita di seluruh nusantara serta diikuti oleh ribuan umat hindu dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. Abhiseka bertujuan untuk memuliakan Candi Prambanan, menjaga dan meningkatkan Vibrasi spiritual agar tetap lestari sehingga dapat menjaga Sradha bhakti Umat Hindu, bahwa Ajaran Hindu telah ada sejak zaman dahulu kala dan akan terus ada dimasa depan untuk kedamaian dunia.

Please follow and like us:
Posted in Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *