Menu Close

Pura yang sangat Indah di Gunungkidul ini melaksanakan Piodalan

Hindujogja.com (Gunungkidul 24/07/2021). Pada Purnama Sasih Karo, Sabtu, 24 Juli 2021 Umat Hindu Gunungkidul melaksanakan Piodalan Pura Segara Wukir Pantai Ngobaran yang terletak Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul Yogyakarta. Ditengah Pandemi Covid-19 Piodalan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat yang hanya diikuti oleh 20 Umat Hindu Gunungkidul, sebagai Mangala upacara adalah Bapak Wasi Yanto yang merupakan Wasi di wilayah Gunungkidul.

Pura Segara Wukir dipercaya sebagai tempat Brawijaya V melakukan pati obong (berpura-pura membakar diri) untuk mengelabui putranya Raden Patah (Raja I Demak) yang hendak mengajaknya masuk Islam. Petilasan atau biasa dikenal sebagai Paseban tersebut adalah sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering dan dipagari dengan kayu abu-abu di depan sebuah bangunan rumah Joglo. Paseban tersebut juga biasa digunakan oleh Brawijaya V untuk upacara keagamaan. Pura ini digunakan untuk menyelenggarakan upacara Melasti, salah satu rangkaian ritual umat Hindu menjelang perayaan Hari Raya Nyepi.

Pawedalan Pura Segara Wukir dilaksanakan secara sederhana oleh petugas yang berjumlah 20 orang yg terdiri dari Pemangku, Juru Sesaji, dan pengurus Pura Segara Wukir. Seluruh peserta memohon panugrahan Ida Shang Hyang Widhi Wasa beserta segala manifestasiNya, para dewa, para leluhur dan pepunden agung, agar wabah pandemi covid19 segera sirna dari Bhumi Nusantara.”Demikian disampaikan oleh Purwanto, Mpd.H Ketua PHDI Gunungkidul.

Di Dalam Pura Segara Wukir ini juga ada pelinggih penyimpangan Ratu Gede Mecaling yang merupakan Pura yang ada di Nusa Penida Bali, selain itu juga ada pelinggih Kanjeng Ratu, dan dilengkapi beberapa pelinggih lainnya.

Piodalan atau pawedalan sendiri dapat diartikan sebagai perayaan hari jadi tempat suci. Upacara piodalan merupakan kewajiban pengempon pura dalam rangka membayar hutang kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya yang disthanakan di pura kayangan tersebut. 

Pura Segara Wukir ini merupakan satu-satunya pura di Yogyakarta yang terletak di tepi Pantai yaitu pantai Ngobaran yang merupakan rangkaian dari  pantai Baron dan Ngrenehan.

Please follow and like us:
Posted in Berita, Kegiatan PHDI Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *