SOFT SKILL HINDU

Brahmarpanam brahma havir.
Brahmagnau brahmana hutam.
Btahmaiva tena gantyavyam.
Brahma-karma-samadhina. BG IV.24

Orang yang tekun sepenuhnya dalam kesadaran Krisna pasti akan mencapai kesadaran rokhani. Karena dia sudah menyumbangkan sepenuhnya kesadarannya kepada kegiatan rokhani. Dalam kegiatan rokhani tersebut penyempurnaan bersifat mutlak dan apa yang dipersembahkan juga mempunyai sifat rokhani yang sama.

Sloka ini memberi landasan pokok yang sangat baik dalam BELAJAR baik belajar hidup, mencari penghidupan, dan membangun kehidupan.

Ada dua kata kunci dalam sloka ini yaitu TEKUN dan SADAR.

Melakukan atau mengusahakan apapun dalam kehidupan sehari-hari membutuhkan KETEKUNAN atau Samadhina. Ketekunan sangat penting. Ketekunan atau Samadhina adalah Soft Skill. Orang-orang sukses adalah orang-orang tekun mengusahakan sesuatu baik usaha bersifat jasmani maupun rokhani. Bekerja, berusaha, berbisnis, melakukan bhakti dan karma membutuhkan ketekunan. Indah sekali bahwa Ketekunan merupakan Kunci Sukses.
Mempraktikkan Bhakti, Karma, Jnana juga membutuhkan ketekunan atau samadhina.

Lalu bagaimana Menumbuhkan Ketekunan? Bagaimana membangun Generasi Hindu yang Tekun?

Jawabannya ada pada
Kata kunci yang kedua yaitu KESADARAN.
Hanya orang yang sadar baik yang bisa berprilaku Tekun. Sebaliknya tanpa Kesadaran maka Ketekunan tiada pernah ada. Sadar akan arti, makna, manfaat kehidupan akan membuat pikiran dan tindakan mengupayakan sesuatu yang bermanfaat secara terus menerus. Tidak angin-anginan.
Sadar akan tantangan, tugas dan kewajiban hidup adalah kesadaran Krisna. Hidup ini adalah Kesatuan Tunggal antara Jasmani dan Rokhani.

Apapun profesi yang dipilih KETEKUNAN dan KESADARAN penting diupayakan agar Hidup ini Sukses dan Bahagia.
Ketekunan tanpa Kesadaran adalah Kebutaan. Kesadaran tanpa Ketekunan adalah Kelumpuhan. Maka kuatkan Ketekunan dan Kesadaran.
Selamat pagi Rahayu sinamian.

Om tat sat.
Om Shanti, Shanti, Shanti

Baca juga :   Orang Bodoh versus Orang Bijaksana

Ki Panji.
Kalongan

Please follow and like us:
fb-share-icon

2 thoughts on “SOFT SKILL HINDU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *