Mutiara Weda: Panca Widha

Lima jasa orang Tua Yang Tidak boleh diabaikan 

Umat sedharma,

jika kita camkan dan kita renungkan dalam susastra Hindu : Ada Lima Jasa Orang tua yang tidak boleh dilupakan dan diabaikan oleh sang anak Panca Widha. Begitu besar jasa orang tua terhadap anak anaknya, walaupun dalam seribu kali kelahiran, belumlah tentu sang anak dapat membalas hutang atau Rna kepada orang tuanya . Jasa-jasa orang tua terhadap anaknya sangatlah besar yaitu sebagai guru reka, Guru rupaka ,sang Ngerupaka yang melahirkan sang anak. Sangatlah durhaka, dosa besar, mahapataka manakala sang anak melupakan & mengabaikan jasa jasa dari orang tuanya Panca Widha( lima macam jasa dari orang tua)

Kelima Jasa Orang tua terhadap anak Panca Widha tetsebut antara lain :

Ametwaken : telah.melahirkan putra dan putrinya dan menempatkan orang tua sebagai Widhi sekala.

Matulung urip : telah berjasa menolong jiwa anak anaknya dari mara bahaya

Maweh Bhijodana : berjasa karena telah memberi makan dan minuman pada anak sehingga tumbuh sehat.

Anyangaskara : orang tua berjasa telah membuatkan upacara keagamaan panca maha yadnya sehingga putra putrinya tumbuh sehat baik secara sekala mauoun niskala.

Mangupadhyaya : orang tua telah berjasa membimbing dan mendidik dan menjadi pendidik pertama dan utama bagi anak anaknya.

Oleh karena itu, sebagai umat Hindu dalam membentuk anak yang Suputra, berbhakti pada sang Catur Guru sebagai landasan yang paling mendasar serta selalu berusaha menjalankan Swadharmaning Agama dan Swadharmaning Negara secara seimbang. Niscaya, akan dapat terbentuknya anak yang SUPUTRA yang taat dan patuh kepada kedua orang tuanya Catur Guru Bhakti, menjadi cahaya atau penerang bagi keluarga, memadangi kulawarga saha sadhu Gunawan wandu wandawa dan terhindar dari Maha Pataka
(Kitab putra sasana II.1. dan Nitisastra IX.2, )

Made Worda Negara
BINROH Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta .

 

 

Image by bingngu93 from Pixabay

Please follow and like us:
fb-share-icon

2 thoughts on “Mutiara Weda: Panca Widha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: