Menu Close

1000 Pelinggih dilirik Dirjen Bimas Hindu Tri Handoko Seto

Kamis malam (7/10) di Pendopo Agung Pura Bhakti Widhi, Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Dr. Tri Handoko Seto, S.Si. M.Sc menyerahkan secara simbolis Bantuan Operasional Program 1000 Pelinggih senilai Rp.120.000.000,- kepada PHDI Kabupaten Gunungkidul.

Menurut Beliau, Program 1000 pelinggih ini sangat menginspirasi sebagai sebuah bentuk membangun identitas jati diri umat Hindu di seluruh Nusantara. Hal ini sesuai dengan program pemerintah untuk mewujudkan moderasi beragama. Selain itu, Beliau menyampaikan bahwa dengan adanya tempat suci (sanggar pamujan) di setiap rumah keluarga Hindu akan mampu meningkatkan sradha dan bhakti yang akan berimbas pada ketenangan jiwa, kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga tersebut, karena dapat selalu berdoa dan bersyukur setiap saat.

Beliau juga menyerahkan bantuan rehabilitasi Pura Derpo Kusumo Saptosari Rp.100.000.000,,- dan Bantian Sarparas Pendidikan Pasraman Widya Santi Rp.50.000.000,-

Bantuan Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI harus dipertanggungjawabkan secara baik imbuhnya.

Ketua PHDI Kabupaten Gunungkidul, Purwanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI atas perhatian yang selama ini diharapkan oleh umat Hindu di Gunungkidul. Bantuan yang diterima, tentu akan menjadikan semangat umat Hindu membangun identitas kehinduannya, serta bisa mewariskannya kepada anak cucu dikelak kemudian hari.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul, yang diwakili oleh Bapak Andar Prasetyo (Kasubag TU) mengamini apa yang diharapkan ketua PHDI Gunungkidul, agar Dirjen Bimas Hindu bisa mengabulkannya. Hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri untuk umat Gunungkidul yang selama ini telah bersama-sama masyarakat menjaga kerukunan antar umat beragama di Gunungkidul.

Selesai acara Dirjen Bimas Hindu yang didampingi Plt Bimas Hindu Kanwil Kemenag DI Yogyakarta menyempatkan diri bernyanyi lagu Jawa yang berjudul Panca Sradha bersama karawitan Pasraman Widya Santi.

Please follow and like us:
Posted in Kegiatan PHDI Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *