8 Kewajiban Suami Menurut Hindu

Dalam ajaran Hindu, peran suami tidak hanya sebagai kepala keluarga, tetapi juga sebagai pemimpin yang bertanggung jawab untuk menjaga harmoni dan keselarasan dalam rumah tangga. Konsep ini tercermin dalam Manava Dharmasastra IX.2,3,9 dan 11, salah satu Weda Hindu, yang menguraikan kewajiban-kewajiban suami dengan jelas. Berdasarkan Manava Dharmasastra, ada delapan kewajiban utama yang diemban oleh suami untuk membentuk keluarga yang menjunjung tinggi Dharma. Baca juga Kewajiban Istri Menurut Weda

  1. Wajib melindungi istri dan anak-anak serta memperlakukan istri dengan wajar dan hormat. Wajib memelihara kesucian hubungannya dengan saling mempercayai sehingga terjamin kerukunan dan keharmonisan rumah tangga.
  2. Hendaknya menyerahkan harta kekayaannya dan menugaskan istrinya untuk mengurusnya juga urusan dapur, upacara agama dalam rumah tangga dan dalam upacara-upacara yang besar bersama suaminya.
  3. Berusaha menjamin kehidupan istrinya serta memberikan nafkah, terutama bila dalam suatu urusan atau ketika ia harus melaksanakan tugas ke luar daerah.
  4. Wajib membahagiakan istrinya dan mengusahakan agar antara mereka sama-sama menjamin kesucian pribadi dan keturunannya dengan tidak selingkuh serta menjauhkan diri dari segala unsur lain yang mengakibatkan perceraian.
  5. Bersabar dalam mendidik istri. Bertutur dengan lembut
  6. Hendaknya selalu merasa puas dan bahagia bersama istrinya karena bila dalam rumah tangga suami istri selalu merasa puas, maka rumah tangga itu akan terpelihara kelangsungannya.
  7. Wajib menjalankan Dharma Grhastha dengan baik, Dharma kepada keluarga (Kula Dharma), terhadap masyarakat dan bangsa (Vamsa Dharma) serta wajib mengawinkan putra-putrinya pada waktunya.
  8. Berkewajiban melaksanakan Sraddha, Pitrapuja kepada leluhurnya, memelihara anak cucunya serta melaksanakan Yajna.

Berikut uraian dari kewajiban seorang suami yang merupakan raja kecil dalam rumah tangga: Baca Juga 7 Sumpah Pernikahan dalam Hindu

  1. Menjaga Kesejahteraan Keluarga: Sebagaimana seorang raja yang bertanggung jawab atas kesejahteraan kerajaannya, suami memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa keluarganya hidup dalam keadaan sejahtera. Ini mencakup penyediaan kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, pakaian, dan kebutuhan lainnya.
  2. Melindungi Kehormatan Istri dan Anak-anak: Sebagaimana seorang raja yang melindungi warganya, suami diharapkan untuk melindungi kehormatan, martabat, dan keselamatan istri dan anak-anaknya. Ini mencakup memberikan perlindungan fisik, emosional, dan sosial terhadap mereka.
  3. Memberikan Pendidikan dan Pengajaran: Suami bertanggung jawab untuk memberikan pendidikan dan pengajaran kepada istri dan anak-anaknya. Ini tidak hanya mencakup pendidikan formal, tetapi juga nilai-nilai spiritual, etika, dan kebijaksanaan yang memperkaya kehidupan keluarga.
  4. Memberikan Hukuman yang Layak: Sebagaimana seorang raja yang memberlakukan hukum yang adil, suami memiliki kewajiban untuk memberikan hukuman yang layak kepada anggota keluarganya jika mereka melanggar norma atau aturan yang ditetapkan.
  5. Memberikan Keadilan dan Kasih Sayang: Suami diharapkan untuk bertindak dengan keadilan dan kasih sayang terhadap istri dan anak-anaknya. Ini berarti tidak hanya memberikan perlakuan yang adil, tetapi juga memberikan dukungan emosional dan moral yang diperlukan.
  6. Menjaga Keseimbangan Antara Kerja dan Kehidupan Keluarga: Suami diharapkan untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga. Meskipun penting untuk mencari nafkah, suami juga harus memprioritaskan waktu dan perhatian untuk keluarganya.
  7. Menghormati Orang Tua dan Tetua: Suami diharapkan untuk menghormati orang tua dan tetua dalam keluarga, baik dari pihaknya sendiri maupun dari pihak istri. Ini mencakup mendengarkan nasihat mereka dan memberikan penghormatan yang layak.
  8. Menjaga Kehidupan Spiritual: Suami memiliki tanggung jawab untuk membimbing keluarganya dalam kehidupan spiritual. Ini mencakup mengatur ritual, upacara, dan memastikan bahwa nilai-nilai agama dan spiritual diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Baca juga :   Beginilah kalau Doktor UGM Ahli Batas Maritim Bicara tentang Fenomena hari raya Nyepi 2020

Dengan memenuhi kewajiban-kewajiban ini, suami diharapkan dapat membentuk keluarga yang tidak hanya kuat secara materi, tetapi juga kuat secara moral dan spiritual. Dengan demikian, mereka dapat menjalankan peran mereka sebagai raja dalam rumah tangga dengan penuh tanggung jawab dan kebijaksanaan, membawa sinar Dharma bagi mereka yang berada di sekitarnya.

Please follow and like us:
fb-share-icon

2 thoughts on “8 Kewajiban Suami Menurut Hindu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *