Menu Close

Inovasi Pendidikan Pasraman

Pasraman Widya Santi di bawah naungan Yayasan Dharma Giri Kencana Yogyakarta adalah salah satu pasraman yang terus melakukan inovasi pembelajaran kepada sisya-sisyanya. Pendidikan seni yang digarap melalui tabuh karawitan, tari kreasi, games, yoga, dan pelafalan mantra doa sehari-hari terus dikembangkan dengan berbagai metode.

Belakangan pasraman melakukan inovasi pembelajaran praktek, yaitu dengan pemberdayaan pasraman dalam bidang ekonomi. Agak sedikit aneh, pasraman widya santi setiap bulan membagikan induk ayam (ayam betina siap bertelor) kepada sisya pasramannya.

Menurut ketua pasraman, Purwanto, M.Pd.H pemberian induk ayam tersebut adalah upaya pendidikan karakter kepada sisya pasraman untuk bisa bertanggung jawab atas apa yang dimilikinya. Hal ini disepakati oleh pihak pasraman, sisya pasraman dan orang tua pasraman, bahwa induk ayam tersebut harus berkembang, dipelihara dengan baik, bertelor, dan menetas, yang akhirnya akan berkembang banyak.

Bukan basa-basi hari ini, minggu 8 November 2020, ketua pasraman Widya Santi menyerahkan punia 20 ekor ayam sumbangan dari Bpk. Ketut Witera, salah satu tokoh agama Hindu di Yogyakarta yang peduli dan merasa bermanfaat jika anak-anak pasraman di beri ayam. Hal ini tentu akan menguatkan pasraman sebagai tempat belajar, bukan saja agama tetapi ekonomi, sosial, dan budaya. 20 ekor ayam dibagikan kepada sisya pasraman Widya santi : 15 ekor dan sisya Pasraman satya dharma : 5 ekor.

Program pemberdayaan pasraman, dimulai dari hal kecil utk membina anak-anak generasi Hindu aktif di pasraman dan sekaligus memberi tanggung jawab orang tua siswa utk berperan dalam pemberdayaan pasraman, turut membantu memelihara ayam-ayam tersebut.

Program ini akan terus dikembangkan kepada semua pasraman di wilayah Kabupaten Gunungkidul, hingga semua sisya pasraman mendapatkan ayam. Harapannya kedepan bisa dibangun koperasi pasraman di Kabupaten Gunungkidul.

Semoga semua karma baiknya mendapatkan anugerah karunia berlimpah dari Hyang Widhi 🙏🙏🙏

Pengelola pasraman akan terus memantau perkembangan ayam2 yang dibagikan kepada sisya pasraman.

Rahayu Sagung Dhumadi
—-MasPur—-

Please follow and like us:
Posted in Kegiatan PHDI Gunung Kidul, Kegiatan Umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *