Menu Close

Yadnya Suci

OM SWASTYASTU

Sloka IV. 31 Bhagavad-gita
Wahai yang paling baik dari keluarga besar Kuru, tanpa Korban Suci seseorang tidak pernah dapat hidup dengan bahagia baik di planet ini maupun dalam hidup ini;

Sloka ini memberi inspirasi maha Agungnya Bhagawad Githa bahwa Yadnya atau Korban Suci mutlak dilakukan untuk mencapai kebahagiaan.
Kemudian dalam sloka 33 dinyatakan bahwa Yadnya dalam bentuk Pengetahuan adalah Yadnya yang terbaik.

Dalam dunia Modern seperti sekarang ini
Sloka ini memberi dasar yang sangat Kuat bahwa Ilmu Pengetahuan baik Jnana maupun Vijnana menjadi Kunci Kebahagiaan Suatu Peradaban. Dalam dunia modern Muncul istilah Knowledge Society atau Masyarakat ber Pengetahuan, Knowledge Era, Knowledge Century.

Sangat Menarik
Jauh jauh BG telah memberi petunjuk bahwa jika mau berbahagia Kuasailah Pengetahuan. Ber Yadnya lah dan Ber Kurban Suci lah dengan Cara Belajar menguasai atau Mendalami Pengetahuan.

Hanya Bangsa2 yang Pengetahuan Masyarakatnya Tinggi yang terbukti lebih BAHAGIA dibandingkan dengan Bangsa yang pengetahuannya Rendah. Mari semakin disadari bahwa Yadnya dalam bentuk Pendidikan Umat sangat dibutuhkan untuk dimajukan agar umat semakin teredukasi.
Sebagaimana tulisan yang sudah pernah dimuat tentang Ngodalin Merajan Mejalan, Mendidik anak, memfasilitasi Pendidikan Anak sama dengan Memuja Leluhur yang sedang menempuh Punarbhawa. Jangan lagi berani berfoya dan bergiat membuat odalan di merajan tetapi pelit memfasilitasi anak untuk studi.

KITAB SUCI
bukan lah petunjuk Hayalan Kebahagiaan setelah Kematian semata. Kitab suci memberi petunjuk utuh menjalankan dharma Tri Kona Uttpati Stiti Pralina.
China Taiwan sekarang maju pesat karena Yadnya Pengetahuannya Maju.

Om Shanti Shanti Shanti Om

Namaste

Ki Panji

Please follow and like us:
fb-share-icon
Posted in Artikel, Ki Panji

Leave a Reply

Your email address will not be published.