Menu Close

Hari Kemenangan Pura Derpo Kusumo berkat Bantuan Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI

Bertepatan dengan Hari Suci Galungan, umat Hindu Penyungsung Pura Derpo Kusumo melaksanakan upacara melaspas, memakuh, dan medhem pedagingan/ menanam pancadatu.

Setelah hampir 40 tahun lamanya, Pura Derpo Kusumo baru bisa melaksanakan upacara melaspas, memakuh, dan mendhem pedagingan karena kondisi bangunan pura baru bisa disempurnakan 2 tahun terakhir.

Tahun 2021 ini, Pura Derpo Kusumo mendapatkan bantuan Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) dari Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI. Bantuan rehabilitasi dimanfaatkan untuk memperluas mandala utama pura dan membangun pendopo mandala utama. Awalnya, mandala utama hanya berukuran 6 m x 10 m. Penyungsung pura bersepakat, untuk menyatukan mandala utama dengan mandala madya dengan mengganti kori agung, sehingga mandala utama menjadi luas dengan ukuran 15 m x 10 m.

Di bawah guyuran hujan, umat tetap teguh, setia, dan bersemangat menjalankan prosesi upacara yang dipimpin oleh Jero Gede Dwija Triman.

Hari ini tentu sangat mudah diingat, karena bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2021, dimana semangat pahlawan telah memberi inspirasi kepada kita semua untuk terus mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif.

Purwanto Ketua PHDI Kab. Gunungkidul dalam sambutannya mengajak, agar kita menjadikan Hari Suci Galungan & Hari Pahlawan sebagai momentum untuk bangkit bersama melawan pandemi covid-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan 5 M + 1 D, karena sesungguhnya virus corona masih di sekitar kita. Namun demikian, kita juga tidak boleh takut dan hanya berpangku tangan, tanpa melakukan pergerakan apapun.

“Pura Derpo Kusumo saat ini telah dibangun dengan megahnya, kita harus bersyukur kepada Hyang Widhi dan berterima kasih kepada Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI yang telah memberikan bantuan mewujudkan impian kita bersama. Selanjutnya, mari kita bangun semangat pengabdian di jalan dharma, banyak hal yang bisa kita kerjakan mulai hari ini”, pungkasnya.

Demikianlah Dharma telah membuktikan; bahwa setiap perjuangan & kerja keras, akan melahirkan kemenangan.

Dharma Raksati Raksitah

Rahayu Sagung Dhumadi
—MasPur—

Please follow and like us:
fb-share-icon
Posted in Kegiatan PHDI Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published.