Menu Close

Mutiara Weda: Makanan Sukla & Satvika

Umat se-dharma,

dalam pustaka suci Bhagawadgitha ada menyebutkan : mereka yang makan makanan suci setelah melalui persembahan akan mencapai Brahman yang abadi demikian sebaliknya, mereka yang makan makanan yang belum dipersembahkan tak ubahnya seorang pencuri.

Jadi kualitas asupan makanan ke dalam tubuh menjadi faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas rohani dengan tetap memperhatikan kesuciannya. Makanan yang suci bukanlah terletak pada banyaknya makanan yang dimakan, melainkan kualitas dan nilai dari asupan makanan kedalam tubuh.

Ada tiga nilai kualitas makanan yaitu Rasa, Virya dan Vipaka.

Rasa : apa yang dirasakan oleh indra pengecap atau lidah yang mengandung Sad rasa : Swadu/manis, Amla/asam, buTikta/pahit, lawana/asin, Katu/pedas dan Kasaya/ Sepet

Virya : asupan makanan memiliki kemampuan untuk menghangatkan suhu tubuh

Vipaka : adanya rasa dari makanan.yang muncul setelah di cerna mengalami suatu proses

Oleh karena itu, sebagai umat Hindu dalam memantapkan kualitas rohani & intelektual, lahir maupun bathin, dengan memastikan asupan makanan yang Satvika dan sukla kedalam tubuh dengan tetap memperhatikan ketiga nilai makanan rasa, Virya dan Vipaka tersebut. Niscaya Sthula sarira dan Suksme sarira menjadi stabil, sehat lahir dan bathin, Vihara, Ahara dan Ausadha menjadi seimbang. (Ayur veda & BG IV.31)

Made Worda Negara
BINROH Hindu TNI AU.

Pesantian Widya Sabha Sasmitha-Yogyakarta

Image by silviarita from Pixabay

Please follow and like us:
fb-share-icon
Posted in Made Worda Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published.