Sanjaya Melenial

MutiaraBhagavad-gita. Sanjaya adalah orang yang paling Senang dan Berbahagia berkali-kali karena mendapat Karunia Agung dari Rsi Vyasa berupa penglihatan langsung “Pratyaksa Pramana” menyaksikan dan mengikuti percakapan Suci antara Arjuna dan Krisna. Kebahagiaan itu berulang sebanyak 706 kali jumlah Sloka Bhagavad Gita. Setiap Bab memuat Sloka dengan jumlah= 46+72+43+42+29+47+30+28+34+41+55+20+35+27+20+24+28+78 kali.

Panjul: Kek… Bisa dihitung Sanjaya mendapat kebahagiaan sebanyak 706 kali berulang-ulang karena dapat melihat dan mendengarkan langsung Percakapan Suci antara Arjuna dan Sri Krisna. Kebahagiaan Sanjaya menjadi semakin sempurna di saat Sanjaya melihat Wujud Sri Krisna “Tuhan” yang Ajaib. Mengapa demikian Kek?

Ki Panji: Panjul… Itulah yang namanya berkah Ilahi, berkah rokhani yang didapat oleh Sanjaya yang pada waktu itu duduk di samping Raja Dhristarasta yang Buta mata dan Gelap rokhani. Raja yang terjerat anaknya Duryadana yang haus kekuasaan dan keinginan berkuasa. Bagi siapapun yang mendapat Berkah Pencerahan dapat melihat langsung kemahakuasaan Tuhan di bumi ini maka Ia akan memperoleh Kebahagiaan.

Panjul: Kek apakah Kebahagiaan itu terkait dengan pandangan kita akan Tuhan yang nyata ada di dunia ini.

Ki Panji: Heh heh heh heee daya tangkapmu bagus sekali Cucu ku Panjul. Membayangkan bahagia tentu sangat berbeda dengan merasakan dan menikmati langsung kebahagiaan itu. Membayangkan Es itu dingin tentu berbeda dengan bersentuhan dengan dinginnya Es. Itulah yang di alami Sanjaya yang merasa sangat Bahagia karena bisa menyaksikan langsung wejangan Tuhan Krisna kepada Arjuna.

Panjul: Kek… Kalau Sanjaya sangat berbahagia dapat menyaksikan langsung percakapan Arjuna dengan Krisna lalu Bagaimana saya bisa Bahagia mempelajari Sloka-sloka percakapan Arjuna dengan Sri Khrisna?

Ki Panji: Pertanyaan Mu selalu tajam dan kritis. Apa yang menjadi harapanmu itu akan tercapai jika kamu bisa menjadi Sanjaya Milenial (SanMil).

Baca juga :   DHARMA-KARMA-KEBENARAN

Panjul: SanMil maksudnya apa Kek?

Ki Panji: Sanjaya Millenial maksudnya menjadi Orang yang memiliki Penglihatan akan Hadirnya Tuhan dalam pertempuran Kehidupan sehari-hari. Tuhan dilihat dirasa dan di akrabi hadir setiap saat di setiap tempat ruang dan waktu. Tuhan nyata ada dan bekerja di sekitar kita.

Panjul: maksudnya apa Kek?

Ki Panji: Panjul… Belajarlah memahami mencari pengetahuan, lalu menghayati bahwa Tuhan ada dalam diri kita, Tuhan ada dalam setiap ciptaan, Tuhan ada dimana-mana. Menekuni Sloka-sloka Bhadavad Gita adalah proses menjadi Sanjaya yang menunjukkan Sabda Suci Tuhan kepada diri ini yang masih dan sedang buta, haus duniawi seperti Dhristarasta.

Panjul:Ooo menjadi Sanjaya Milenial. Sosok orang yang mampu melihat Tuhan ada dimana mana yang nyata mengejawantah di bumi. Bukan penghayal yang bercerita Tuhan diawang-awang yang tidak tersentuh. Bercerita Es itu dingin tetapi tidak pernah menyentuhkan diri pada es yang ada disekitarnya. Mari belajar menyentuhkan diri pada Tuhan yang hadir dalam seluruh ciptaannya. Kikis kegelapan, kebutaan keangkuhan, kebodohan, khayalan yang tidak pernah dapat dirasa menjadi hal nyata. Mewujudkan Tuhan itu Murti disetiap ciptaanNya dan ada disetiap saat. Jika hal ini dapat dilakukan maka Kebahagiaan itu akan Nyata dan berulang-ulang dapat dirasa. Sangat Berbeda diantara Orang Berpikir Bahagia dengan Orang yang Merasakan Bahagia.

Panjul: Sangat berbeda diantara orang yang berpkir es itu dingin dan orang yang menyentuhkan tangannya pada es yang dingin.

Ki Panji: Akhiri khayalan dan Berbuatlah dalam Kenyataan. Inilah Sanjaya Milleneal.

Namaskar

Semoga Bahagia Shanti selalu

Ki Panji
SHJ Jogja

Please follow and like us:
fb-share-icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *