Panitia Nyepi Saka 1946 Ambil Tirta Suci di Tuk Pitu : ini Kasiat dan Manfaatnya secara spiritual dan Pengobatan

Hindujogja.com | Pada hari Jumat, 1 Maret 2024, Panitia Nyepi Saka 1946 yang dipimpin oleh Bapak Wasi Marnaka, Bapak Wasi Suparman, Bapak Wasi Marsahid, dan Ibu Sri Mulyani melakukan pengambilan tirta suci di Tuk Pitu. pengambilan tirta suci ini  dilakukan sebagai bagian dari persiapan untuk acara Tawur Agung yang akan dilaksanakan di Candi Prambanan pada tanggal 10 Maret 2024.

Tirta suci yang diambil dari Tuk Pitu diyakini memiliki kekuatan spiritual dan khasiat yang tinggi menurut kepercayaan lokal. Pengambilan Tirta Suci dari Tuk Pitu merupakan perwakilan dari simbol Gunung. Para petugas tersebut memastikan bahwa pengambilan tirta suci dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan sesuai dengan tradisi yang telah berlangsung. Tuk Pitu terletak di lereng Gunung Merapi yang terletak di wilayah Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam tradisi Hindu, konsep “segara gunung” memiliki makna yang mendalam dan melambangkan hubungan antara laut dan gunung. Konsep ini merujuk pada keyakinan bahwa gunung-gunung yang tinggi adalah manifestasi dari kekuatan Tuhan, sementara laut dianggap sebagai sumber kehidupan dan asal usul segala hal.

Secara harfiah, “segara” berarti laut dan “gunung” adalah gunung. Dalam ajaran Hindu, gunung-gunung sering dianggap sebagai tempat tinggal para dewa atau tempat suci yang penuh dengan energi spiritual. Sementara itu, laut dianggap sebagai sumber kehidupan dan kekuatan yang mendukung keberlangsungan alam semesta.

Konsep “segara gunung” secara simbolis mencerminkan perpaduan antara kekuatan spiritual yang tinggi (gunung) dengan kesuburan dan kelimpahan (laut). Dalam banyak tradisi Hindu, pertemuan antara “segara” dan “gunung” dianggap sebagai pertemuan suci yang melambangkan keselarasan dan keseimbangan dalam alam semesta.

Inilah informasi seputar Tuk Pitu yang berhasil di himpun oleh tim Hindujogja.com dari berbagai sumber.

Baca juga :   Wiwaha Samskara | Pernikahaan Hindu

Tuk Pitu adalah salah satu sumber mata air yang terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, Indonesia. Mata air ini terkenal karena diyakini memiliki khasiat mistis dan banyak dikunjungi oleh orang-orang yang percaya akan kekuatan spiritualnya.

Tuk Pitu secara harfiah berarti “tujuh” dalam bahasa Jawa, mengacu pada jumlah mata air yang terdapat di lokasi tersebut. Air dari mata air ini diyakini memiliki berbagai manfaat, baik untuk keperluan spiritual maupun kesehatan. Banyak yang percaya bahwa mandi atau mencuci wajah dengan air dari Tuk Pitu dapat membawa berkah, membersihkan aura negatif, dan meningkatkan keberuntungan.

Selain sebagai tempat ziarah spiritual, Tuk Pitu juga menjadi tujuan wisata alam bagi para pendaki yang mendaki Gunung Merapi. Keindahan alam sekitar serta keunikan fenomena alam di sekitar mata air ini membuatnya menjadi destinasi yang menarik bagi para pengunjung.

Secara spiritual, Tuk Pitu dipercaya memiliki berbagai manfaat, seperti:

  1. Pembersihan Spiritual: Air dari Tuk Pitu diyakini memiliki kemampuan untuk membersihkan energi negatif dan membawa kedamaian spiritual bagi orang yang mandi atau mencuci wajah dengan air tersebut. Banyak yang percaya bahwa melakukan ritual mandi di sini dapat membantu menghilangkan beban spiritual dan membersihkan pikiran.
  2. Peningkatan Keharmonisan: Beberapa orang percaya bahwa mandi atau mencuci wajah dengan air dari Tuk Pitu dapat meningkatkan keharmonisan dalam hubungan interpersonal, seperti hubungan keluarga, percintaan, dan persahabatan. Ini seringkali dilakukan sebagai bagian dari ritual untuk mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan.
  3. Pengasihan: Beberapa orang juga percaya bahwa air dari Tuk Pitu memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tarik dan daya pikat seseorang. Mandi dengan air ini diyakini dapat membuat seseorang lebih menarik dan memikat perhatian orang lain.
Baca juga :   Bersih-Bersih Candi Dalam Rangka Hari Purbakala

Dalam pengobatan, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim-klaim tersebut, beberapa orang masih mempercayai bahwa air dari Tuk Pitu memiliki sifat penyembuhan. Manfaat yang dipercayai dalam pengobatan meliputi:

  1. Pengobatan Penyakit Kulit: Air dari Tuk Pitu diyakini memiliki sifat penyembuhan untuk berbagai penyakit kulit, seperti eksim, jerawat, dan alergi kulit. Mandi dengan air ini seringkali dianggap dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit dan mengurangi peradangan.
  2. Pengobatan Reumatik: Beberapa orang juga percaya bahwa mandi dengan air Tuk Pitu dapat membantu meredakan nyeri otot dan sendi, serta mengurangi gejala penyakit reumatik seperti arthritis.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Air dari Tuk Pitu dikatakan memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mandi atau mencuci wajah dengan air ini diyakini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun banyak orang yang percaya pada manfaat spiritual dan pengobatan dari air Tuk Pitu, perlu diingat bahwa klaim-klaim ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang kuat. Orang-orang yang mencari pengobatan alternatif atau keberkahan spiritual sebaiknya tetap mencari informasi lebih lengkap.

 

Please follow and like us:
fb-share-icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *