Wiwaha Samskara | Pernikahaan Hindu

Wiwaha Samskara merupakan upacara perkawinan untuk memasuki tingkat hidup grihastha asrama, dengan tujuan untuk melanjutkan garis keturunan dan memenuhi kewajiban secara sempurna. Pelaksanaan Wiwaha Samskara harus bersaksi kepada Sang Hyang Widhi Wasa melalui agni homa atau semacam widhi wedana sehingga kedua mempelai dianggap bersih jasmani dan rohaninya, selanjutnya dapat hidup sah sebagai suami istri baik secara duniawi maupun spiritual

Wiwaha Samskara adalah salah satu dari tujuh belas upacara keagamaan dalam agama Hindu yang dikenal sebagai “samskara”. Samskara dalam agama Hindu merujuk pada serangkaian upacara atau ritual yang memiliki tujuan untuk membersihkan, memurnikan, dan mengubah status atau tahap kehidupan seseorang. Wiwaha Samskara khususnya berkaitan dengan upacara pernikahan atau pernikahan dalam tradisi Hindu.

Pentingnya Wiwaha Samskara dalam budaya Hindu tidak hanya terletak pada aspek persatuan dua individu, tetapi juga memiliki dimensi spiritual dan sosial yang dalam. Berikut adalah beberapa poin penting tentang Wiwaha Samskara:

  1. Persiapan dan Rencana: Sebelum upacara pernikahan, ada persiapan yang cermat yang dilakukan oleh kedua keluarga dan pasangan yang akan menikah. Ini mencakup memilih tanggal yang baik, menyusun daftar tamu, mempersiapkan dekorasi, dan banyak hal lainnya.
  2. Ritual dan Mantra: Upacara Wiwaha Samskara melibatkan serangkaian ritual dan mantra yang dipimpin oleh seorang pendeta atau brahmana. Mantra-mantra yang diucapkan selama upacara memiliki makna spiritual dan ditujukan untuk memohon berkah dari para dewa dan dewi dalam membimbing pasangan yang akan menikah menuju kehidupan yang bahagia dan harmonis.
  3. Agni Sakshi: Salah satu aspek kunci dari upacara ini adalah “Agni Sakshi,” di mana api dianggap sebagai saksi dari pernikahan tersebut. Pasangan melemparkan bunga, beras, dan bahan-bahan lain ke dalam api sebagai lambang persatuan mereka.
  4. Saptapadi: Selama upacara pernikahan, pasangan biasanya berjalan bersama-sama mengelilingi api suci tujuh kali. Setiap langkah mewakili tujuan dan komitmen mereka terhadap tujuh prinsip dasar dalam kehidupan pernikahan, seperti persahabatan, kesejahteraan, kekayaan, cinta, keturunan, keberanian, dan kedamaian.
  5. Tali Pernikahan: Tali pernikahan (Mangalsutra) adalah simbol fisik persatuan antara suami dan istri. Ini dikenakan oleh istri sebagai tanda bahwa dia sudah menikah.
  6. Berbagi Makanan: Pasangan ini juga berbagi makanan bersama selama upacara, yang melambangkan persatuan dan kebersamaan mereka dalam kehidupan pernikahan.
  7. Kesepakatan dan Persetujuan: Wiwaha Samskara menekankan pentingnya persetujuan dan kesepakatan antara kedua belah pihak yang akan menikah. Pernikahan dalam pandangan Hindu seharusnya adalah hasil dari persetujuan bebas dan kesepakatan sukarela dari kedua pasangan.
  8. Makna Spiritual: Selain aspek sosial, upacara pernikahan juga memiliki dimensi spiritual. Pasangan diharapkan untuk membimbing satu sama lain dalam perjalanan spiritual mereka dan mendorong pertumbuhan rohaniah.
  9. Nilai Keluarga dan Masyarakat: Wiwaha Samskara juga mencerminkan nilai-nilai keluarga dan masyarakat dalam budaya Hindu. Pernikahan dianggap sebagai cara untuk membangun hubungan antar-keluarga dan mengokohkan struktur sosial.

Secara keseluruhan, Wiwaha Samskara adalah upacara pernikahan yang kaya akan makna dan simbolisme dalam agama Hindu. Ini tidak hanya mengikat pasangan secara sah, tetapi juga menghadirkan dimensi spiritual dan sosial yang kuat dalam kehidupan mereka

Berikut file-file tentang wiwahasamskara dan contoh-contoh pelaksanaannya, ini hanya contoh yang sudah dilaksanakan, tidak perlu diperdebatkan jika ada  perbedaan pemahaman. bila file-file dibawah ini tidak bisa dibuka, silahkan hubungi Made Sumiarta melalui WA Klik Disini untuk WA Made Sumiarta

  1.  Wiwahasamskara dan kewajiban suami istri
  2. Menhayati Perkawinan Sebagai Jalan Punarbawa leluhur dan Penyempurnaan kesucian-Nya
  3. Hakekat dalam Berkeluarga
  4. Rangkaian Acara Siraman
  5. Kidung Pengiring Pawiwahan
  6. Rancangan acara dalam tabel excel
  7. Kurikulum Pendidikan Pra Nikah
  8. Rangkaian acara Lamaran
  9. Job Panitia Mantenan
  10. Weeding Cek List
  11. Sloka-sloka Weda tentang Pernikahan

Please follow and like us:
fb-share-icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *